Situs Universitas Dan Financial Terbaik 2022

5 Fakta Menarik Ki Hadjar Dewantara Sosok Bapak Pendidikan Nasional

5 Fakta Menarik Ki Hadjar Dewantar Sosok Bapak Pendidikan Nasional

5 Fakta Menarik Ki Hadjar Dewantara Sosok Bapak Pendidikan Nasional. – Ki Hajar Dewantara atau lebih di kenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional merupakan aktivis dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Tetapi siapakah sosok sebenenar nya dari Ki Hadjar Dewantara dan apa saja yang di lakukanya untuk dunia pendidikan di tanah air?. Bapak pendidikan ini tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan pendidikan indonesia agar setara dengan penduduk kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Tokoh utaman pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa ( Tamsis) yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei. Lewat perjuangannya di bidang politik dan pendidikan inilah, kemudian pemerintah Republik Indonesia menghormatinya dengan berbagai jabatan dalam pemerintahan RI.

Berikut ini adalah sejumlah Fakta terkait tokoh Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional indonesia, Berikut adalah fakta nya :

Fakta Menarik Ki Hadjar Dewantara :

1. Nama Asli Ki Hadjar Dewantara

Jika kalian bertanya apakah Ki Hadjar Dewantara adalah nama asli dari bapak pendidikan nasional tersebut. Ternyata sosok Ki Hadjar Dewanatara memiliki nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Dari tahun 1922 namanya berganti menjadi Ki Hajar Dewantara hingga selanjutnya disingkat sebagai Soewardi atau KHD .

2. Menjadi Menteri Pendidikan Pertama

Pada saat kemerdekaan indonesia di umumkan, Ki Hajar Dewantara di angkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia atau saat ini sama dengan Menteri Pendidikan.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI nomor 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan dimana hari lahirnya dijadikan sebagai Hardiknas.

3. Pendiri Taman Siswa (Tamsis)

Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Nasional Tamansiswa adalah pengembangan konsep Ki Hadjar Dewantara yang berdiri tanggal 3 Juli 1922 . Saat usia 40 tahun Raden Mas Soewardi Soerjaningrat mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara dan meninggalkan gelar kebangswanan.

4. Aktif Dalam Berpolitik

Ki Hajar Dewantara sangat aktif dalam berorganisasi Boedi Oetomo yang di dirikan pada tahun 1908. Tokoh bapak pendidikan ini juga aktif dalam beberapa organisasi lainnya. Ki Hajar Dewantara Ikut turut mendirikan sebuah partai pertama dalam Hindia Belanda, yakni Indsche Partij bersama tokoh Douwes Dekker,.

5. Mendapat Gelar Doctor di UGM dan Diangkat jadi menteri

Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia pertama pada saat kabinet pertama Republik Indonesia. Tahun 1957 adalah diaman dia mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) dari universitas tertua Indonesia, Universitas Gadjah Mada.

 

Exit mobile version