Situs Universitas Dan Financial Terbaik 2022

6 Cara Pintar Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Pintar Mengatur Keuangan Pribadi

6 Cara Pintar Mengatur Keuangan Pribadi – Memasuki usia dewasa adalah waktu yang tepat untuk mengatur keuangan secara bijak. Seiring bertambahnya usia juga mengharuskan kamu agar dapat lebih pintar memilih mana yang menjadi kebutuhan ataupun hanya sekadar keinginan. Semakin besar penghasilan yang didapatkan tidak menentukan seseorang dalam kondisi finansial yang stabil. Jika seseorang tidak dapat mengelola keuangan secara benar, maka mereka akan selalu terjebak dalam gaya hidup yang salah tersebut.

Memastikan bahwa Anda memiliki kualitas finansial yang kuat serta kondisi yang independen secara finansial di masa depan merupakan niat yang baik dalam dimiliki. Tetapi, dalam mewujudkan impian tersebut, niat saja tidaklah cukup. Anda pun harus mulai memerhatikan serta menemukan cara mengelola keuangan yang tepat. Perlu disadari bahwa cara mengelola keuangan setiap orang itu akan berbeda. Tetapi dengan tujuan yang sama, Anda pun bisa mengambil esensi atau beberapa tips dan trik dalam cara mengelola keuangan yang bisa disesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup Anda. Simak selengkapnya tentang tips-tips mengatur keuangan secara umum berikut.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

1. Meneliti Antara Kebutuhan dan Keinginan

Meneliti Antara Kebutuhan dan Keinginan adalah cara mudah dalam membedakannya yaitu: kebutuhan merupakan sesuatu yang memengaruhi kemampuan anda dan keluarga dalam bertahan hidup, misalnya makanan dan minuman.

Sementara keinginan yang merupakan hal-hal yang tidak termasuk dalam kategori kebutuhan dan tidak terlalu memengaruhi kemampuan anda bertahan hidup. Jika anda sudah mengidentifikasi keduanya, maka hal ini akan memudahkan anda dalam menentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya.

Dengan membedakan keduanya, mengatur keuangan pun akan lebih mudah dilakukan karena Anda tahu mana yang menjadi bentuk dari kewajiban dan sekedar memuaskan diri sendiri.

Baca Juga : Ingin Kuliah Gratis? Inilah Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Tahun 2022

2. Mencatat Rincian Pengeluaran

Buat catatan pengeluaran untuk setiap bulannya supaya mudah ditelusuri kemana saja uang yang Anda gunakan. Contoh, buat catatan pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang atau membayar cicilan jika ada dan kebutuhan lain-lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada atau catat secara manual di notebook.

3. Memulai investasi

Dalam mempersiapkan masa depan yang cerah, mengambil langkah untu berinvestasi adalah keputusan yang sangat tepat. Terdapat banyak sekali instrumen investasi yang bisa digunakan seperti saham, obligasi, emas, reksadana, dan lain-lain sesuai dengan jenis tingkat risiko yang muncul. Untuk pemula pilihlah instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah.

4. Memiliki Rencana Keuangan

Langkah berikutnya adalah mengatur keuangan pribadi. Karena dengan membuat suatu rencana keuangan kalian bisa dibuat dengan menyusun pengeluaran dan pendapatan per bulan sehingga lebh mudah dipantau. Walau hanya ada sedikit uang di tabungan Anda, rencana keuangan perlu dibuat. Dampaknya juga akan lebih bagus jika langkah ini bisa Anda terapkan sejak dini.

5. Hindari berutang

Hutang menjadi salah satu kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Pasalnya dengan berutang, Anda jadi harus menyisihkan penghasilan Anda dalam mengalokasikannya dalam membayar tagihannya setiap bulannya.

Untuk  mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya Anda perlu menyelesaikan segala bentuk utang yang Anda miliki. Menyelesaikan utang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan Anda yang kuat di masa depan.

Jika kamu mempunyai cicilan kartu kredit, usahakan selalu bayar dengan pembayaran penuh, bukan dengan jumlah minimum dari pembayaran. Hal tersebut dilakukan dalam dapat menghindarkan kamu dari kebiasaan terlalu konsumtif.

6. Menyediakan Dana Darurat

Menyediakan sedikit uang dari penghasilan kamu juga penting loh, karena itu adalah langkah yang bisa di lakukan sebagai cara mengatur keuangan pribadi. Tidak ada keharusan berapa nominal yang harus disisihkan tiap waktunya. Pastikan saja dana darurat ini bisa dimanfaatkan ketika ada keperluan mendesak.

 

 

Exit mobile version