Situs Universitas Dan Financial Terbaik 2022

Cara Masuk Universitas Gadjah Mada Untuk Mahasiswa Baru 2022

Cara Masuk Universitas Gadjah Mada Untuk Mahasiswa Baru 2022

Cara Masuk Universitas Gadjah Mada Untuk Mahasiswa Baru 2022 – Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) paling favorit dari sebagian besar calon mahasiswa. Lantas bagaimana cara mendaftar ke UGM? Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menempati peringkat keempat universitas terbaik peringkat 25 di Asia Tenggara dan Asia untuk pada sub bidang studi geografi.

Untuk Jalur masuk Universitas Gadjah Mada 2022 memiliki 4 jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), Ujian Mandiri UGM Jalur Prestasi, dan Ujian Mandiri UGM-Computer Based Test (CBT).

jalur Masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) :

1. Jalur SNMPTN

Untuk mengikut jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) ini kamu harus memiki nilai rapor yang baik sejak semester awal Sekolah Menengah. kamu juga perlu mengetahui akreditasi atau indeks di sekolah kamu sebelumnya. Sepertinya kamu sudah paham mengenai jalur masuk ini.

berikut lima besar peminat prodi  Soshum dan Saintek di UGM.Yaitu:

Soshum:

Saintek:

Untuk peserta yang lolos pada jalur SNMPTN maka diwajibkan melakukan daftar ulang, yaitu dengan cara:

Jalur masuk ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan ujian tertulis yang dilaksanakan serempak di Indonesia.

Ujian tertulis ini terdiri dari:

2. Jalur SBMPTN

SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi LTMPT pada seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN menggunakan sistem seleksi berdasarkan ujian tertulis, bernama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Jika mengikuti jalur ini siswa akan dinilai dari skor ujian, berapa soal yang berhasil dijawab. Ikut serta UTBK yang menjadi syarat utama bagi peserta untuk mengikuti SBMPTN.

Ada juga materi UTBK meliputi tes potensi skolastik (TPA), tes kemampuan Bahasa Inggris, dan tes kemampuan akademik (TKA).

3. Jalur Seleksi mandiri UGM

Dari kedua jalur diatas juga UGM membuka jalur masuk melalui seleksi mandiri. Seperti yang dilansir dari laman resmi UGM, peserta yang lolos seleksi mandiri berdasarkan nilai UTBK, nilai rapor dan kriteria lainnya.

Jalur ini juga memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat untuk mengikuti seleksi dengan memilih tiga program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana.

Ada juga Ragam Penelusuran Bibit Unggul (PBU) untuk Program Sarjana di UGM:

Cara pendaftaran UGM jalur seleksi mandiri. Yaitu:

Jika melakukan pendaftaran, ada beberapa dokumen yang wajib kamu persiapkan yakni berupa scan dokumen asli dengan ukuran minimal 150kb dan maksimal 800kb, seperti:

  1. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah;
  2. Kartu Peserta UTBK-SBMPTN Tahun 2021;
  3. Rapor Kelas X-XII Semester 1-5 bagian Pengetahuan/Akademik;
  4. KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP);
  5. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (kamu akan diminta untuk mengunduh formatnya di website).

4. Seleksi Program Internasional (IUP)

Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM. Mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru program internasional: UAT (Undergraduate Admission Test) dan Wawancara.

Jalur masuk ini diperuntukkan calon mahasiswa yang ingin kuliah program internasional di UGM. Beberapa program studi yang terdapat pada program internasional ini.

5. Seleksi Ujian Tulis

Jalur masuk ini dikenal juga dengan UTUL (Ujian Tulis) UGM. Mirip seperti SIMAK UI, jalur ini menyeleksi calon mahasiswanya berdasarkan ujian tertulis. Bukan hanya lulusan SMA/SMK/MA/MAK 2017, lulusan 2 tahunnya (2016 dan 2015) juga dapat ikut ujian ini untuk kuliah program sarjana dan atau diploma.

Baca Juga : Daftar Jurusan UGM yang Sepi Peminat, Gampang Lolos!

Exit mobile version