Situs Universitas Dan Financial Terbaik 2022

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Calon Mahasiswa

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Calon Mahasiswa

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Calon Mahasiswa – Dalam memilih jurusan kuliah bisa menjadi sangat rumit terutama jika kamu memiliki banyak minat atau tidak tahu karir seperti apa yang ingin para cerdasfinansial kejar. Ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan, termasuk biaya program, ekspektasi gaji, dan tingkat pekerjaan di bidang itu.

Selain itu, Anda harus memikirkan kepribadian, tujuan pribadi dan profesional, serta minat Anda. Memasukkan faktor-faktor ini dalam proses keputusan Anda dapat membantu memastikan Anda memilih jurusan yang sesuai dengan misi, nilai, dan minat pribadi Anda.

Tetapi apakah kamu tau apa itu jurusan? Jurusan adalah bidang subjek khusus yang menjadi spesialisasi mahasiswa. Biasanya, antara sepertiga dan setengah dari mata kuliah yang akan Anda ambil di perguruan tinggi akan berada di jurusan Anda atau terkait dengannya. Beberapa Perguruan Tinggi bahkan membiarkan Anda merancang jurusan Anda sendiri!

Ada beberapa jurusan menuntut agar dapat mempunyai skill yang memumpuni dan jika kamu tertinggal kamu mungkin harus memperpanjang masa kuliah Anda satu atau dua semester. Jika kalian masih bingung dengan Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk kamu, ini lah tips nya :

Pertimbangkan Keterampilan Anda

Mulailah dengan membuat daftar keterampilan dan minat Anda. Setelah selesai, tanyakan kepada teman dekat dan anggota keluarga Anda apa yang akan mereka katakan tentang Anda. Terkadang dibutuhkan pihak ketiga untuk mengingatkan kita tentang bakat dan keterampilan yang kita anggap remeh.

Sertakan topik apa pun yang selalu Anda minati tetapi tidak pernah sepenuhnya dikejar. Anda juga harus memasukkan aktivitas yang dulu Anda kuasai tetapi sudah lama tidak Anda lakukan. Terakhir, pertimbangkan untuk mengikuti kuis karier.

Perhatikan Potensi Karir Setelah Lulus

Setelah Anda membuat daftar keterampilan dan minat Anda, lihat pekerjaan apa yang sesuai dengan passion tersebut. Misalnya, jika Anda tertarik dengan musik, Anda dapat bekerja sebagai guru musik, promotor klub, atau mencari pekerjaan di lembaga nonprofit terkait musik.

Setelah membuat daftar karir potensial, pertimbangkan untuk membayangi orang-orang dalam pekerjaan itu sehingga Anda dapat memahami bagaimana rasanya bekerja di sana. Melihat cara kerja orang sungguhan dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apakah Anda benar-benar tertarik. Jika membayangi seseorang bukanlah pilihan, hubungi orang melalui email atau LinkedIn dan atur panggilan telepon untuk menanyakan pertanyaan secara langsung.

Perkirakan Penghasilan Masa Depan

Setelah Anda memiliki daftar pekerjaan yang Anda minati, Anda dapat menggunakan situs tersebut. Anda harus melihat pekerjaan mana yang memiliki tingkat pertumbuhan positif dan penghasilan yang sesuai dengan gaya hidup yang Anda inginkan.

Pertimbangkan seperti apa kehidupan Anda setelah kuliah juga menjadi tolak ukur dalam kesuksesan masa depan. Jika Anda berharap untuk tinggal di kota besar, bepergian secara ekstensif atau memulai sebuah keluarga, misalnya, Anda akan membutuhkan pekerjaan yang membayar Anda cukup untuk membeli barang-barang itu.

Putuskan Berapa Banyak Waktu yang Dapat Anda Dedikasikan untuk Sekolah

Tidak semua jurusan diciptakan sama. Beberapa program, seperti kedokteran memiliki lebih banyak peluang pekerjaan daripada yang lain. Pertimbangkan berapa banyak waktu yang dapat Anda berikan untuk pelatihan Anda dan seberapa berdedikasi siswa yang Anda inginkan.

Teliti juga dalam gelar lanjutan (S2) yang Anda perlukan setelah kuliah untuk mulai bekerja di bidang yang Anda inginkan. Jika Anda perlu mengejar gelar profesional atau master untuk mencapai tujuan karir Anda. Perhitungkan waktu dan uang ekstra yang akan diperlukan sebelum Anda membuat keputusan akhir tentang jurusan sarjana Anda.

Exit mobile version