Situs Universitas Dan Financial Terbaik 2022

Inilah Fakta Pendidikan di Indonesia Pada Saat ini

Inilah Fakta Pendidikan di Indonesia Pada Saat ini

Inilah Fakta Pendidikan di Indonesia Pada Saat ini – Pada setiap tanggal 2 mei setiap tahunya di rayakan Hari Pendidikan Nasional. Lalu bagaimana pandangan anda terhadap pendidikan di Indonesia pada masa kini? Mungkin kurangnya dalam kualitas pendidikan yang sudah merata pada setiap daerah di indonesia menjadikan kualitas pendidikan menjadi kurang maksimal dalam menyerap ilmu yang diperoleh dan perlu di benahi.

Kualitas pendidikan di negara Indonesia masih di bilang masih kurang terutama pada hal sarana dan prasarana pada setiap daerah. Karena hal tersebut hal ini harus menjadi perhatian khusus oleh dinas pendidikan Indonesia untuk kualitas pendidikan di Indonesia yang merata. Perjuangan dalam berkembembang nya pendidikan bagi masyarakat Indonesia sudah dilakukan sejak lama oleh bapak pendidikan. Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh dimana berkembangnya pendidikan di indonesia pada mulai saat penjajahan belanda. Jika kalian masih penasaran dengan fakta menarik apa saja silahkan simak :

Fakta Pendidikan Indonesia

1. Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah

Ada sebanyak 4,1 Juta lebih anak Indonesia tidak mendapatkan pendidikan. Hal ini di karenakan tidak ratanya tenaga pengajar di Indonesia membuat pengajaran pada setiap daerah tidak maksimal. Guru pengajar di paksa mengajar pelajaran yang tidak bisa di kuasainya dan menjadikan berkurang nya tenaga pengajar.

Dalam pendidikan hal yang utama adalah berkarakter merupakan yang menjadi acuan utama pada sistem pendidikan di Indonesia ini. Pada pendidikan berkarakter harus di mulai dari usia dini karena akan mempermudah anak dalam mengembangkan bakatnya. Anak akan mempelajari suatu ilmu di sekolah dengan tanggap, ia akan bisa menyerap pelajaran sesuai dengan daya minatnya.

2. Biaya Pendidikan yang Masih Mahal

Walau pemerintah sudah mengatur Sekolah negeri gratis tetapi masih banyak siswa-siswi yang memutuskan untuk berhenti sekolah karena keteberatan biaya. Biaya lain seperti seragam dan alat-alat penunjang sekolah menjadi alasan kenapa banyak siswa yang putus sekolah serta memilih untuk berkerja.

Tidak hanya pada tingkat sekolah di perguruan tinggi juga masih membutuhkan biaya yang besar. Banyak para pelajar di Indonesia yang berhenti di bangku sekolah tingkat atas karena biaya kuliah yang sangat mahal . Tercatat pada tahun 2018 total Anggaran Pendidikan Rp 444 Triliun

3. Kurikulum di Indonesia Berganti sebanyak 9 kali

Pada tahun 1947 Indonesia sudah mengganti kurikulum pendidikannya sebanyak 9 kali. Berikut kurikulum yang di ganti :

1. Kurikulum 1947
2. Kurikulum 1952
3. Kuriklum 1964
4. Kurikulum 1968
5. Kurikulum 1975
6. Kurikulum 1984
7. Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999,
8. Kurikulum 2004
9. Kurikulum 2006
10. Kurikulum 2013 yang menjadi pergantian kurikulum terkahri sampai saat ini.

 

Exit mobile version