Cara Mendaftar di Universitas Terbuka 2022

Simak Cara Mendaftar di Universitas Terbuka 2022

Cara Mendaftar di Universitas Terbuka 2022 – Pengumuman UTBK SBMPTN tahun 2022 akan segera mendatang, tak sedikit bagi calon mahasiswa yangĀ  mencari alternatif dalam menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi. Universitas Terbuka (UT) bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu loh kawan Cerdasfinansial. Perguruan Tinggi Negeri ini berdiri sejak tahun 1984 membuka jalur masuk kuliah SNMPTN tapi tidak ada jalur untuk UTBK SBMPTN.

jika kamu ingin mendaftar di kuliah Universitas Terbuka (UT) kamu tidak usah khawatir karena UT tidak ada batasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian di UT. Para pendaftar hanya harus sudah lulus dari SMA/MA/SMK atau sederajat. Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri yang mempunyai Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ).

Cara Mendaftar di Universitas Terbuka

1. Mendaftar Secara online

Jika kamu ingin mendaftar secara online bisa melalui laman https://www.ut.ac.id dan yang harus kalian isi adalah :

  • Mengisi formulir data diri
  • Mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran calon mahassiwa
  • Registrasi mata kuliah yang akan di ambil
  • Cetak LIP-R yang terdiri dari biaya pendaftaran, biaya registrasi mata kuliah, biaya bahan ajar dan biaya kirim pada satu LIP pembayaran.
  • Pembayaran uang kuliah nanti bisa kamu lakukan pada Bank BTN, BRI, Mandiri, BNI, Grup, Alfa atau Tokopedia.
  • Jika sudah mendaftar kalian akan mendapat kartu tanda mahasiswa elektronik dan berkas
  • pendaftaran berupa kalender akademik, buku saku dan leaflet.

2. Mendaftar Secara langsung

Kalian bisa mengunjungi Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT yang ada di kota terdekat. Terdapat 39 kantor layanan UPBJJ-UT di Indonesia dan 1 kantor di luar negeri. Daftar kantor dan alamat layanannya dapat dilihat di https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat.

Untuk mendaftar secara langsung kalian harus menyiapkan berkas persyaratan mendaftar, Yang meliputi: Formulir data diri yang dapat diunduh di https://www.ut.ac.id/formulir Melakukan registrasi mata kuliah dan mendapatkan Lembar Infromasi Pembayaran Registrasi (LIP-R) yang terdiri atas biaya pendaftaran, biaya registrasi mata kuliah, biaya bahan ajar dan biaya kirim dalam satu LIP pembayaran.

Untuk pembayaran uang kuliah bisa di lakukan di Bank BTN, BRI, Mandiri, BNI, Grup Alfa terdekat atau Tokopedia. Setelah itu, pendaftar akan mendapat kartu tanda mahasiswa elektronik dan berkas pendaftaran berupa buku saku, kalender akademik dan leaflet.

Biaya Kuliah Universitas Terbuka

Biaya kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). Mahasiswa bisa mendapat biaya berbeda-beda berdasarkan program studi dan skema layanan yang dipilih. Rincian biaya lengkapnya dapat dilihat di https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan/sarjana-diploma. Adapun untuk biaya kuliah termurah adalah Rp 1.150.000 dan termahal sebesar Rp 3.650.000 per semester.

Program studi UT menyelenggarakan 39 program studi yang terdiri dari 31 program sarjana, 2 program diploma, 6 program magister dan 1 program pascasarjana. Terdapat beberapa fakultas di UT, meliputi: Fakultas Ekonomi (FE) Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebelumnya bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).